Ketikan Riyu

KetikanRiyu merupakan blog membahas berbagai hal seperti game, anime, tips trik, tutorial, aplikasi, software, coding, gadget, sosmed, dan sebagainya

Apa itu HDD Enclosure? Begini Pengertian dan Manfaatnya

Published Agustus 11, 2022
Apa itu HDD Enclosure? Begini Pengertian dan Manfaatnya
Apa itu HDD Enclosure? Begini pengertian dan manfaatnya

Penjelasan HDD Enclosure - Apabila kamu sampai masuk ke artikel ini berarti kamu sudah mengetahui apa itu HDD. Kalau belum tahu mari kita bahas sedikit mengenai apa itu HDD.

HDD merupakan singkatan dari Hard Drive, bisa disebut juga dengan Harddisk. Fungsi utama dari HDD adalah untuk menyimpan data.

Baca juga: Apa itu HDD? Begini Penjelasannya

Jenis HDD sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Internal dan Eksternal. Internal berarti HDD terpasang di dalam motherboard, lalu eksternal berarti HDD tidak perlu terpasang di motherboard. HDD eksternal berarti kamu bisa mengakses datanya hanya dengan mencolok kabel data HDD ke dalam port USB laptop maupun komputer.

Apabila kamu punya HDD internal yang tidak kepakai, mending kamu jadikan sebagai HDD eksternal saja. Emang bisa? Bisa loh dan caranya cukup mudah.

Gimana tuh caranya? Kamu cukup beli sebuah perangkat keras bernama HDD Enclosure.

Penjelasan HDD Enclosure

Mungkin ada yang sudah tahu dan ada juga yang belum tahu tentang HDD Enclosure. Kalau kamu masuk ke artikel ini berarti kamu belum tahu haha.

HDD Enclosure adalah converternya hardisk internal. HDD Enclosure merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk melindungi HDD. Bisa dibilang casingnya Hardisk lah.

Namun tidak hanya sebatas menjadi pelindung, perangkat ini juga bisa mengubah fungsi HDD internal menjadi HDD eksternal.

Singkatnya gini, HDD Enclosure itu adalah casing hardisk internal yang bisa berfungsi sebagai converter.

Manfaat membeli HDD Enclosure

Manfaat utama dari HDD Enclosure tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memanfaatkan HDD internal yang tidak terpakai.

Contoh kasusnya adalah kamu ingin mengupgrade penyimpanan laptop dari HDD menjadi SSD. Nah apabila kamu tidak mempunyai HDD caddy, otomatis HDDnya harus kamu keluarkan dari laptop kemudian digantikan dengan SSD.

Lalu setelah HDD tersebut dikeluarkan harus dikemanakan? Dibuang? Jangannnnn.

Lebih baik digunakan saja sebagai penyimpanan eksternal. Daripada membeli HDD eksternal yang terbilang mahal, mending beli HDD Enclosure yang harganya jauh lebih murah. Hitung-hitung memanfaatkan HDD internal yang tidak terpakai.

Baca juga: Apa itu HDD Caddy? Begini Fungsi dan Kekurangannya

Kalau seandainya suatu saat kamu butuh HDD internal, kamu tinggal lepas saja HDD Enclosure yang terpasang di HDD internal tadi. Maka HDD internal tadi bisa dipasang lagi ke motherboard.

Bisa tidak menginstall Sistem Operasi (OS) di HDD yang terpasang HDD Enclosure?

Jawabannya adalah bisa. Namun sangat tidak saya sarankan.

Kenapa? karena untuk mengakses data di Hardisk yang sudah terpasang HDD Enclosure itu melalui kabel USB yang dimana memiliki batas kecepatan dalam mengakses datanya. Sehingga proses booting akan menjadi jauh lebih lambat dibandingkan dengan hardisk yang terpasang di motherboard (mainboard).

Baca juga: Pengertian dan Fungsi RAM

Lalu kekurangan lainnya adalah kabel USB rawan copot. Kalau kamu menginstall OS di hdd enclosure, saat kamu running di laptop lalu kabelnya copot, maka kemungkinan akan terjadi error yang cukup fatal.

Lebih baik gunakan HDD enclosure sebagai tempat backup data saja. Menyimpan film, foto, game, dan lainnya yang biasa dilakukan di flashdisk atau HDD eksternal.

Sekian artikel Ketikan Riyu mengenai Penjelasan HDD Enclosure dan juga Manfaatnya. Semoga artikel ini bisa kamu pahami, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis saja di kolom komentar.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021