Ketikan Riyu

KetikanRiyu merupakan blog membahas berbagai hal seperti game, anime, tips trik, tutorial, aplikasi, software, coding, gadget, sosmed, dan sebagainya

Apa Itu HDD? Begini Penjelasan HDD Internal dan External

Published Agustus 13, 2022
Apa Itu HDD? Begini Penjelasan HDD Internal dan External
Penjelasan HDD Internal dan Eksternal

Pengertian Hardisk - Zaman sekarang semua sudah semakin canggih. Salah satu contoh kecanggihan yang sudah terjadi adalah dengan adanya komputer.

Bahkan selain komputer, sekarang juga sudah ada laptop yang ukurannya jauh lebih kecil namun memiliki fungsi yang sama.

Banyak sekali komponen hardware yang ada di dalam komputer maupun laptop. Apa sih hardware itu? Hardware merupakan perangkat keras yang dimana menjadi mesin dari komputer dan laptop. Tanpa adanya hardware maka perangkat kamu tidak akan bisa dinyalakan.

Baca juga: Apa itu HDD Caddy? Begini Penjelasannya

Banyak sekali hardware yang ada di komputer. Salah satunya adalah motherboard, RAM, SSD, VGA Card, Processor, Harddisk, dan masih banyak lagi.

Nah di sini saya akan memberi tahu tentang Hard Disk (hardisk). Mari simak di bawah ini.

Pengertian HDD (Hardisk)

HDD merupaka singkatan dari Hard Disk Drive, atau orang Indonesia biasa menyebut Hardisk. HDD merupakan suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpan data di laptop ataupun komputer.

Biasanya di dalam HDD terdapat OS (Operation Sistem) yang membuat laptop kita dapat digunakan. Selain untuk menyimpan OS, HDD juga bisa digunakna untuk menyimpan file lainnya seperti video, foto, dokumen, dan masih banyak lagi.

Hardisk terbagi menjadi 2 jenis yaitu HDD internal dan juga eksternal. Berikut penjelasan dari kedua jenis itu.

Apa itu Hardisk Internal?

HDD Internal
HDD Internal

Sesuai namanya yaitu internal, yang dimana HDD ini dipasang di dalam mainboard (motherboard). HDD internal tidak bisa sembarang dilepas pasang, karena di dalam HDD internal biasanya terinstall Sistem Operasi.

Apabila hardisk internal ini kamu cabut maka laptop kamu hanya akan masuk ke mode bios dan tidak dapat kamu gunakan.

Lagipula HDD internal tidak bisa digunakan apabila tidak terpasang di mainboard, kecuali kamu menggunakan perangkat tambahan yaitu HDD Enclosure.

Baca juga: Apa itu HDD Enclosure? Apa manfaatnya?

Apa itu Hardisk Eksternal?

HDD Eksternal
HDD External

HDD Eksternal adalah hardisk yang bisa dicopot dan dipasang semau kamu. Sesuai namanya yaitu eksternal, yang dimana hardisk ini tidak dipasang di mainboard.

Cara menggunakan hardisk ini cukup masukkan saja kabel USB ke dalam port USB yang ada di laptop ataupun komputer kamu.

Biasanya hardisk ini tidak terinstall sistem operasi seperti HDD internal. Hardisk eksternal biasanya digunakan untuk menyimpan file biasa seperti video, foto, game, installer software, dokumen, file kerjaan, dan sebagainya.

Fungsi dari HDD eksternal mirip seperti flashdisk namun lebih besar ukuran body maupun ukuran penyimpanannya.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi RAM

HDD sendiri terbuat dari cakram atau piringan bermagnet, yang dimana ketika laptop dinyalakan cakram tersebut akan berputar 5400 hingga 15000 putaran permenit (RPM). Kecepatan laptop atau komputer dalam menerima informasi ditentukan dari seberapa cepat cakram tersebut berputar.

Karena HDD mengandalkan magnet dalam menyimpan data, maka dari itu data yang disimpan bersifat magnetis. Artinya ketika laptop atau komputer dimatikan, maka data-data yang ada di HDD tetap tersimpan.

Sekian artikel dari Ketikan Riyu tentang pengertian HDD internal dan eksternal. Semoga artikel ini dapat dipahami bagi yang membaca. Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021