Ketikan Riyu

KetikanRiyu merupakan blog membahas berbagai hal seperti game, anime, tips trik, tutorial, aplikasi, software, coding, gadget, sosmed, dan sebagainya

Apa Itu HDD Caddy? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kekurangannya

Published Agustus 15, 2022
Apa Itu HDD Caddy? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kekurangannya
Pengertian, manfaat, dan kekurangannya

HDD Caddy - Dalam menggunakan laptop maupun komputer tidak mungkin terlepas dari yang namanya perangkat keras.

Banyak sekali jenis perangkat keras (hardware) yang ada di laptop maupun komputer. Salah satu hardware yang harus kita tahu adalah HDD.

Apa itu HDD? HDD singkatan dari Hard Disk Drive. HDD merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data di laptop kamu.

Mulai dari data sistem operasi hingga data file video bisa kamu simpan di HDD yang ada di dalam laptop kamu.

HDD terdiri dari 2 jenis yaitu HDD internal dan juga eksternal. HDD internal berarti HDDnya terpasang di mainboard laptop, sedangkan HDD eksternal tidak perlu dipasang di mainboard laptop.

Baca juga: Pengertian HDD Internal dan External

Seiring perkembangan jaman, penyimpanan laptop pun ikut berkembang. Karena HDD terbilang proses menyimpan dan mengirim data terbilang lama, oleh karena itu terciptalah penyimpan jenis baru yaitu SSD.

Kecepatan SSD dibandingkan dengan HDD terbilang sangat jauh. Waktu rata-rata HDD dalam membaca data adalah 100mb/s, sedangkan SSD bisa hingga 6000mb/s.

Contoh nyatanya begini, apabila kamu menyalakan laptop yang menggunakan HDD maka akan butuh waktu 1 menit hingga laptop siap digunakan. Lalu apabila kamu menyalakan laptop yang menggunakan SSD maka hanya akan butuh waktu 5 detik hingga laptop siap digunakan.

Oleh karena itu banyak orang yang ingin mengubah penyimpanan laptopnya dari HDD ke SSD.

Apabila kamu ingin mengupgrade ke SSD, pasti kamu pernah dengan tentang apa itu HDD Caddy. Mari kita simak di bawah ini penjelasan HDD Caddy.

Pengertian HDD Caddy

HDD Caddy merupakan suatu case (casing) hard drive. Bisa untuk HDD maupun SSD. Tidak seperti HDD Enclosure, walaupun sama-sama casing HDD namun memiliki fungsi yang berbeda.

Kalau HDD Enclosure sebagai converter HDD internal menjadi eksternal, kalau HDD Caddy untuk mengubah slot DVD-Drive laptop menjadi slot HDD.

Baca juga: Apa itu HDD Enclosure? Begini Penjelasannya

Oleh karena itu HDD Caddy dibuat seukuran dengan DVD-drive laptop. Bedanya DVD-drive untuk menaruh DVD (kaset), sedangkan Caddy untuk menaruh HDD ataupun SSD.

Fungsi HDD Caddy

Apabila kamu ingin memasang SSD bertipe sata sebagai penyimpanan sistem, maka kamu perlu memasang SSD di slot HDD yang ada di mainboard kamu.

Terus HDDnya dilepas dong? Ya iyalah, karena slot sata laptop cuma ada 1, kamu harus memilih untuk memasang HDD atau SSD.

Kalau kamu milih masang SSD ya berarti HDDnya harus dilepas.

Tapi tenang saja, kalau laptop kamu ada tempat untuk memasukkan DVD (DVD-Drive),  kamu bisa mengubah DVD-Drive itu menjadi tempat menaruh HDD kamu.

Jadi kamu punya 2 penyimpanan di laptop kamu. SSD sebagai penyimpanan sistem biar laptop kamu ngebut, sedangkan HDD untuk menyimpan file file yang tidak berkaitan dengan sistem. Sehingga laptop kamu memiliki penyimpanan yang sangat besar.

Nah ini lah fungsi dari HDD Caddy. Dengan memasukkan HDD ke dalam HDD Caddy, membuat Hardisk kamu dapat terbaca di slot DVD-Drive. Sehingga HDD internal yang tadi dilepas bisa langsung dimanfaatkan kembali.

Gimana Cara Memasang HDD Caddy?

  • Matikan laptop terlebih dahulu
  • Copot dulu DVD-Drive di laptop kamu supaya slotnya bisa dipasang HDD Caddy
  • Pasang HDD/SSD ke dalam HDD Caddy
  • Masukan HDD Caddy ke dalam slot DVD-Drive
  • Pastikan HDD Caddy sudah terpasang dengan sempurna
  • Nyalakan laptop
Setelah laptop nyala maka HDD sudah otomatis terbaca sebagai penyimpanan kedua setelah SSD. Rata-rata orang SSD sebagai data C, sedangkan HDD sebagai data D.

Bisa Tidak HDD Caddy Dimasukkan SSD?

Jawabannya adalah bisa. Selama tipe SSD yang kamu gunakan adalah SATA. Kalau kamu punya SSD tipe Msata, m.2 sata, ataupun NVME maka jawabannya tidak bisa. Karena dari ukuran yang bisa dimasukan saja sudah berbeda.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi RAM

Namun tidak disarankan untuk menyimpan sistem operasi di SSD yang terpasang di HDD Caddy. Ditakutkan kecepatan dari SSD tersebut tidak bisa berjalan secara maksimal. Istilahnya kepotong kecepatannya.

Kekurangan Menggunakan HDD Caddy

Mengubah slot DVD-Drive menjadi slot HDD

HDD Caddy dirancang untuk mengubah slot DVD-Drive menjadi slot HDD. Oleh karena itu apabila kamu menggunakan HDD Caddy, otomatis kamu tidak mempunyai slot lagi untuk DVD-Drive.

Apabila kamu tipe orang yang sering menggunakan kaset di laptop kamu, tidak dianjurkan kamu menggunakan HDD Caddy ini.

HDD Caddy hanya perlu digunakan apabila kamu tipe orang yang tidak terlalu membutuhkan DVD-Drive.

Sekian artikel dari Ketikan Riyu tentang penjelasan HDD Caddy baik manfaatnya hingga kekurangannya. Semoga artikel ini dapat kamu pahami dengan baik.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021