Ketikan Riyu

KetikanRiyu merupakan blog membahas berbagai hal seperti game, anime, tips trik, tutorial, aplikasi, software, coding, gadget, sosmed, dan sebagainya

7 Jenis RAM Yang Paling Sering Digunakan | Wajib Kamu Tahu!

Published Agustus 24, 2022
7 Jenis RAM Yang Paling Sering Digunakan | Wajib Kamu Tahu!
Jenis-jenis RAM di berbagai perangkat

Jenis RAM - Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory. RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting di laptop, hp, komputer, tablet, dan sebagainya.

Tanpa adanya RAM di laptop atau komputer kamu maka sudah bisa dipastikan laptop/komputer kamu tidak bisa digunakan.

Baca juga: Apa itu RAM? Begini Pengertian dan Fungsi RAM

Kenapa begitu? Karena RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara ketika software atau aplikasi sedang dijalankan, kemudian data tersebut dikirimkan ke penyimpanan akhir HDD/SSD.

Contohnya gini, kamu membuka chrome. Maka data chrome tersebut terbaca terlebih dahulu oleh RAM kemudian oleh RAM data tersebut dikirimkan ke HDD/SSD.

Jenis-Jenis RAM (Random Access Memory)

RAM juga terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda baik bentuk maupun fungsinya. Berikut ini saya akan menjelaskan berbagai macam jenis RAM yang paling sering digunakan orang.

1. SRAM (Static RAM)

SRAM jenis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 90-an dan hingga saat ini masih sering digunakan. RAM jenis ini biasanya ada pada perangkat seperti kamera digital, router, layar LCD, dan router.

SRAM dapat berfungsi apabila mendapatkan aliran daya yang konstan. Karena mendapatkan daya yang konstan maka SRAM tidak perlu direfresh untuk mengingat data yang sudah tersimpan.

Karena SRAM harus mendapatkan aliran daya yang konstan, maka data yang ada di SRAM tergolong lebih rawan hilang apabila tiba-tiba listrik padam.

Kekurangan lain dari SRAM adalah kapasitasnya tergolong rendah dan biaya produknya terbilang mahal.

2. SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)

SDRAM dipasarkan pertama kali pada tahun 1993 dan masih tetap diproduksi hingga sekarang. RAM jenis ini bisa kamu temukan pada perangkat seperti komputer dan juga konsol video game.

SDRAM biasanya terpasang pada CPU komputer. Coba cek CPU kamu apakah menggunakan RAM jenis ini atau tidak. SDRAM langsung berjalan di bus memori CPU tanpa ada delay.

3. SDR SDRAM (Single Data Rate Synchronous Dynamic RAM)

Namanya lebih panjang ya guys daripada versi sebelumnya haha. Single Data Rate Synchronous Dynamic RAM pertama kali dipasarkan pada tahun 1993 hingga saat ini.

RAM jenis ini sering ada pada perangkat komputer dan juga konsol video game. Sama seperti versi sebelumnya.

Tidak seperti versi sebelumnya, SDR SDRAM merupakan versi lebih lanjutnya. Sesuai namanya Single Data Rate berarti RAM ini memproses data baik read dan write per siklusnya.

4. DDR SDRAM

DDR SDRAM merupakan singkatan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM. RAM jenis ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2000. Biasanya RAM jenis ini digunakan pada perangkat komputer.

Prinsip cara kerja DDR SDRAM sebenarnya sama seperti SDR SDRAM, namun DDR SDRAM 2 kali lebih cepat daripada SDR SDRAM. Sesuai dengan namanya, DDR SDRAM memproses 2 intstruksi membaca dan menulis per siklusnya.

DDR SDRAM juga mengalami beberapa kali peningkatan versi.

1. DDR2 SDRAM. Ini merupakan upgrade pertama yang dimana kecepatan clocknya lebih tinggi dibanding DDR SDRAM versi awal.

2. DDR3 SDRAM. Lebih cepat dari DDR2 SDRAM, serta memiliki kapasitas memori yang lebih besar, penggunaan listrik yang lebih irit, dan kecepatan clock yang lebih cepat.

3. DDR4 SDRAM. Dibanding DDR 3 SDRAM, versi ini jauh lebih cepat. DDR4 memproses sinyal dengan teknologi yang lebih canggih, kapasitas memori lebih besar, lebih irit listrik, dan tentunya kecepatan clock yang lebih tinggi.

4. DDR5 SDRAM

5. DDR6 SDRAM yang dimana versi ini sudah merupakan versi paling canggih saat artikel ini dibuat. Tentunya DDR6 ini sudah pasti jauh lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya.

5. GDDR SDRAM

GDDR SDRAM merupakan singkatan dari Graphics Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM. RAM jenis ini biasanya digunakan oleh perangkat kartu grafis video dan juga tablet.

GDDR SDRAM dirancang khusus untuk memproses grafis. Sama seperti DDR SDRAM, GDDR SDRAM juga mengalami beberapa kali evolusi (peningkatan versi). Mulai dari GDDR2, GDDR3, GDDR4, dan GDDR5.

Setiap peningkatan versi untuk meningkatkan performa namun konsumsi daya listrik diperkecil. GDDR SDRAM untuk mengolah data dengan jumlah yang besar, namun tidak menggunakan kecepatan maksimum.

6. Flash Memory

Flash Memory pertama kali diluncurkan pada tahun 1984 dan hingga saat ini masih digunakan. Flash Memory biasanya digunakan di kamera digital, smartphone, tablet, dan gamepad.

Memori flash memiliki sifat non-voltail. Jadi data yang tersimpan di perangkat ini tidak akan hilang bahkan saat tidak asupan listrik sama sekali.

Memori flash biasanya digunakan di perangkat seperti:

  1. USB Flash Drive
  2. Printer
  3. Kartu memori
  4. Pemutar media protabel
  5. Perangkat elektronik kecil

7. VRAM

VRAM merupakan singkatan dari Video RAM. VRAM bekerja dengan graphics processing unit (GPU) komputer. Sesuai namanya, VRAM berperan penting dalam pengolah grafis.

VRAM paling berperan dalam mengolah program grafis seperti game atau program desain grafis. Menggunakan VRAM untuk mengolah grafis sistem jauh lebih efisien dibanding menggunakan RAM sistem biasa.

Sekian artikel dari Ketikan Riyu tentang jenis-jenis RAM. Kesimpulannya tiap jenis RAM memiliki fungsi yang berbeda, jadi jika ditanya mana RAM terbaik, maka saya jawab semuanya sama.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021